26 Mar

Menjamurnya pembangunan hotel di dunia membuat para operator hotel saling berlomba menarik perhatian calon pelanggan. Beberapa hotel bintang lima biasanya sudah dilengkapi oleh restoran mewah, sementara yang lainnya ada juga yang menyediakan pemandangan menakjubkan.

Namun satu hal yang menjadi perhatian utama untuk mereka yang menginap di hotel adalah kamar tidur. Tidak cukup nyaman, namun harus meninggalkan kesan yang menyenangkan.

Bagi Anda yang hendak merenovasi kamar tidur, beberapa hotel di bawah ini menawarkan desain kamar tidur yang unik dan menawan. Mulai dari interior sederhana yang menonjolkan keindahan alam, sampai dengan kamar tidur unik dan mewah.

Beberapa detilnya mungkin bisa mengubah kamar tidur “biasa” menjadi “luar biasa”. Artikel ini dikutip dari Rumah.com dan Homedit.com.

The Seven Hotel di Paris

Hotel Seven di Paris menyediakan ragam variasi unit kamar tidur yang unik, dilengkapi oleh desain interior dengan tema seperti Alice in Wonderland, Marie Antoinette dan 007. Mereka mengusung desain arsitektur yang futuristik yang menyambut dan memberi kenyamanan tersendiri.

Kamar mewah nan futuristik ini terlihat mahal, tentu saja, karena ini adalah kamar hotel. Meski demikian, Anda bisa mengadaptasi gaya futuristik ini dengan perabotan-perabotan yang lebih mudah didapat dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Hal yang perlu Anda lakukan pertama-tama adalah mengadaptasi warna kamar tersebut. Ada tiga warna utama yakni putih, abu-abu, dan sedikit hitam. Gunakan warna putih sebagai warna dominan dan warna abu-abu untuk menghilangkan kesan monoton. Sedikit saja warna hitam bisa diaplikasikan untuk mempertegas karakter.

Selanjutnya, untuk menghadirkan kesan futuristik, Anda butuh perabotan yang minim detail dan minim sudut. Hal ini bisa Anda terapkan di meja makan, atau meja belajar, jika Anda ingin menerapkan di kamar anak Anda. Karpet bulu sintetis berwarna abu-abu terang juga bisa Anda aplikasikan.

Anda juga bisa mengganti pegangan pintu atau tuas-tuas yang lain dengan bahan stainless-steel, untuk semakin memperkuat kesan futuristik.

Hal yang perlu ditekankan pada desain futuristik adalah meminimalisir warna, bentuk, dan detail di ruangan Anda.

The Zaya Nurai Island di Abu Dhabi

Resor privat Zaya Nurai Island terletak di lepas pantai Abu Dhabi. Penginapan ini merupakan tujuan berlibur yang sangat indah, cocok bagi Anda yang tengah mencari ketenangan dan relaksasi.

Soal desain, resor ini menggabungkan arsitektur kontemporer dan tradisional sehingga menciptakan nuansa alam yang nyaman. Pandangan dari jendela kamar tidur juga sangat memukau, membuat para tamu selalu ingin membuka jendela kamarnya.

Untuk mengadaptasi unit hotel seperti diatas, kamar tidur Anda tak perlu berada di tepi pantai. Kecuali jika Anda hendak merancang kamar tidur di sebuah vila/resor pribadi.

Pada bagian interior ruangan, Anda bisa mengadaptasi gaya kontemporer dari beberapa pilihan perabot yang mudah didapatkan. Misalnya untuk pemilihan sofa tanpa sandaran yang dilengkapi oleh beberapa bantal. Kemudian meja nakas berbentuk silinder dan lampu gantung yang disusun berundak.

Untuk sentuhan akhir, pilih karpet bertekstur dengan warna natural tone, serta seprai putih polos yang membungkus kasur Anda.

Mengenai pemilihan warna, Anda bisa fokus pada tiga skema warna, yaitu putih, cokelat, dan hitam. Ketiganya bisa menciptakan nuansa kamar tidur yang berkesan kontemporer dan praktis.

Aplikasi jendela kaca yang lebar juga memungkinkan dipilih, jika kamar tidur Anda memiliki letak privasi yang nyaman, seperti di belakang rumah. Nikmati bangun pagi yang berkualitas sembari melihat hijaunya taman dan kicauan burung peliharaan yang menenangkan.

Retreat Selous di Tanzania

Terletak di Tanzania, hotel ini menawarkan keindahan yang sederhana dari tampilan interiornya. Hotel dengan 12 unit kamar tidur ini menggabungkan material lokal dan barang antik dari Afrika asli serta pemandangan yang luar biasa. Para tamu akan menikmati waktu menginapnya sembari mengagumi keindahan di luar lingkungan.

Dengan perpaduan konsep alami yang diusungnya, Anda bisa mengadaptasi kedalam kamar tidur dengan memilih beberapa material serupa. Sebagai contoh material alam seperti kayu dan tikar anyam siap menyulap kamar tidur Anda bernuansa tradisional.

Warna cokelat wajib mendominasi ruangan, namun Anda bisa menambahkan aksen warna putih atau hijau agar kamar tidak terkesan membosakan. Jika ingin lebih maksimal, pilih lantai parquet kayu yang sempurna memberi kesan natural pada ruangan.

Untuk seprai dan kelambu Anda bisa memilih warna putih polos sebagai focal point. Anda bahkan bisa mengadaptasi keberadaan hammock di kamar tidur sebagai pojok nyaman membaca buku.

The Yotel Hotel di New York

Hanya terletak dua blok dari barat Times Square, Yotel adalah hotel kontemporer yang menawarkan kemewahan bagi para tamunya. Mulai dari empat bar, dua lounge, sebuah restoran Jepang serta beberapa unit kamar tidur minimalis dengan pemandangan langit Manhattan.

Desain interior mereka mengusung tema sederhana dan futuristik. Kasur tidurnya berbentuk bundar terlihat mewah dan didukung oleh aksen pencahayaan yang tepat.

Poin utama yang membuat kamar tidur ini menarik adalah sudut lengkung dan pencahayaan dari lampu neon.

Jika membuat set kasur tidur berbentuk bundar tidak memungkinkan untuk dilakukan, Anda bisa aplikasikan pada divan kasur saja. Begitu pula untuk pemilihan bentuk nakas atau laci yang minim akan sudut.

Terakhir, Anda tinggal menambahkan cahaya temaram dan pilih seprai warna putih polos seperti layaknya hotel bintang lima.

The Lion Sand Game Reserve

Para tamu yang berkunjung ke Lion Sand Game Reserve di Afrika akan mendapatkan kesempatan luar biasa untuk makan dan tidur di bawah temaram bintang-bintang. Satu set rumah pohon ini dilengkapi oleh akomodasi seperti kamar tidur kanopi, area makan outdoor sampai dengan dek indah dan obor sebagai pencahayaannya.

Mungkin tidur di luar ruangan bukan menjadi pilihan yang aman untuk keluarga! Tapi coba perhatikan aksen pencahayaan alami dari beberapa lampu minyak (petromak) yang bisa menghadirkan nuansa romantis di kamar tidur Anda.

Mengusung tema alam dan tradisional, Anda bisa mencuri ide hotel diatas dari beberapa perabot yang hampir semuanya terbuat dari kayu. Mulai dari sofa, nakas dampai dengan ranjang tempat tidur.

Selain menambahkan karpet dan busa sofa yang seluruhnya mengadopsi warna cokelat pupus, pemainan motif monokrom masih bisa dilakukan pada pilihan sarung bantal.

The Bambu Indah di Bali

Selain panorama alam, Bali menawarkan ragam hotel cantik dengan ragam konsep yang diusung. Salah satunya adalah Bambu Indah. Rumah antik khas Jawa ini telah direnovasi dan dilengkapi oleh beberapa perabot yang ditata diatas kolam ikan.

Malam Anda akan terasa seperti sedang berlayar dengan disediakannya kayak dan penangkap ikan. Namun Anda tak perlu khawatir jatuh karena lantainya dilapisi kaca dan kerangka kayu.

Merancang kolam ikan yang diatasnya adalah lantai kamar tidur memang membutuhkan usaha ekstra. Akan tetapi, Anda bisa mengadaptasi konsep tradisional khas Yogjakarta ini ke dalam kamar tidur Anda.

Poin utama yang bisa ditekankan adalah warna kayu cokelat yang menghiasi mulai dari pintu, dinding sampai dengan ranjang kasur. Namun semuanya bisa menjadi lebih “hidup” dengan kehadiran beberapa kerajinan tangan dari kayu yang unik.

Terakhir, pilihan warna putih dengan aksen kelambu akan memberi nuansa hangat dan nyaman untuk konsep kamar tradisional.

Selamat mencoba!

Leave a comment